Social Icons

Friday, 14 June 2013

Problem Pada Scanner dan Solusinya

                                   Problem Pada Scanner dan Solusinya

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotocopy. Hanya saja pada mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan di modifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, document, dan/atau gambar. Berikut ialah diagram blok scanner : 

Analisis kerusakan dan perbaikan meliputi preventive dan Corrective
Preventive Maintenance:
Seperti halnya alat elektronik pada umumnya, scanner pun perlu perawatan untuk menjaga performa kerjanya..Tanpa disadari, terjadinya berbagai gangguan merupakan akibat dari cara pemakaian yang tidak benar. Langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kinerja scanner adalah kita sebaiknya tidak menyentuh permukaan kaca pada scanner. Selain dapat menyebabkan terjadinya goresan, minyak dan kotoran yang menempel, juga dapat merusak permukaan kaca, sehingga bisa mempengaruhi hasil cetakan.
Jika ingin membersihkan bagian permukaan kaca ini, gunakanlah lap dengan bahan microfiber sehingga tidak ada serat kain yang tertinggal. Ketika memindai materi gambar dari buku atau majalah yang tebal, sebaiknya tidak menggunakan penutup scanner untuk menekannya. Jika dipaksakan hal tersebut bisa dapat menyebabkan engsel pada penutup scanner rusak atau mengendur.
Disamping itu, kebersihan scanner pun perlu dijaga. Kotoran pada perangkat ini, biasanya disebabkan oleh debu dan kotoran yang terselip dibeberapa bagian. Apabila didiamkan, bukan tidak mungkin akan bisa mengganggu karena penumpukan debu tersebut, apalagi jika terdapat goresan. Untuk itu ada baiknya ada membersihkannya dengan kapas dan sedikit cairan alcohol, menggosoknya dengan lembut. Sebelum memulainya, perlu dipastikan tidak ada aliran listrik yang melalui perangkat keras tersebut.

Corrective Maintenance:
Berikut adalah beberapa permasalahan yang sering kita jumpai saat kita mengoperasikan scanner serta corrective untuk permasalahan tersebut.

Permasalahan 1:
Pada saat kita akan mengkoneksikan komputer ke scaner untuk melakukan proses scan, muncul pesan kesalahan ”scanner acces failed” atau ”scanner not found” sehingga menggagalkan proses scan yang akan dilakukan.
Solusi :
Ketika anda akan mengoperasikan scanner dan tiba-tiba muncul salah satu pesan tersebut maka kemungkinan besar penyebabnya adalah scanner yang belum terkoneksi secara hardware ke komputer. Scanner yang belum terkoneksi secara hardware ini bisa saja disebabkan karena card SCSI-Interface tidak terpasang dengan benar. Jika kabel SCSI tidak benar-benar terhubung dengan baik, hal itu akan mengganggu hubungan antara scanner dan card. Matikan komputer dan chek koneksi kabelnya.
Perlu juga diingat bahwa pada waktu menghidupkan komputer, perangkat scanner harus dihidupkan terlebih dahulu sebelum komputer dinyalahkan. Proses booting akan mendeteksi dan mencari koneksi komputer ke scanner jika perangkat tersebut ada. Tetapi proses pendeteksian tersebut akan diabaikan jika scannernya sendiri belum nyala. Hal sepele yang sering terjadi adalah operator tidak menyalankan scanner terlebih dahulu sebelum menghidupkan PC.

Permasalahan 2:
Komputer dapat terhubung dengan scanner. Tetapi pada saat melakukan proses scan, tiba-tiba proses berhenti dan muncul pesan kesalahan ”not enough memory”.
Solusi :
Pesan tersebut biasanya terjadi karena sisa ruang hardisk anda sudah sangat kecil. Coba gunakan disk utility untuk menambah sisa ruang tersebut. Atau, anda bisa mencoba untuk men-scan gambar lagi pada tingkat dpi yang lebih rendah, dan pada kedalaman warna yang lebih rendah juga, misalnya, grayscale atau hitam.

Troubleshooting 3;
Segalanya sudah siap, dan tombol scan pada program pun sudah ditekan. Tapi proses scanning-nya tidak segera dimulai. Setelah berjalanpun prosesnya sangat lambat.
Solusi :
Jika hal itu terjadi, lakukan langkah pengecekan sebagai berikut:

a.) Coba lakukan pengecekan terhadap dokumen sumber yang akan di scan. Apakah dokumen yang anda masukan kepenampangnya sudah terpasang dengan baik. Kalau belum, coba ambil dan pasang kembali ke penampang dokumen tersebut pelan-pelan dan benar. Pastikan apakah penutup otomatis penapang tersebut telah tertutup dengan rapat.
b.) Hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah sambungan kabel, apakah kondisinya masih baik. Masing-masing ujung dan pangkalnya apakah sudah tertancap dengan baik. Coba pastikan sekali lagi.

Permasalahan 4:
Setelah proses scan dijalankan, ternyata gambar hasil scanner tidak memuaskan. Gambar terlihat pecah-pecah dan bercak terdapat disana-sini yang mengotori gambar.
Solusi :
Analisa pertama rusaknya gambar, bisa saja disebabkan oleh jamur dalam kaca scanner. Untuk mengatasi hal ini bersihkan kaca bagian dalam dan luarnya secara rutin dengan cairan pembersih, yang banyak dijual di toko kimia. Supaya tetap bersih, anda perlu menjaga kondisi ruangan, karena jamur akan tumbuh di ruang lembab.
Kalau gambar pecah-pecah, masalahnya mungkin pada resolusi gambar. Tak ada salahnya bila anda menaikkan resolusi lebih tinggi dari angka sebelumnya. Ini biasanya makan waktu yang lama saat scanning. Biar lebih singkat, sebaiknya anda batasi (crop) saja bidang scanning. Bidang yang tidak diinginkan sebaiknya tidak perlu ikut discan. Setiap scanner pasti memiliki tool untuk melakukan crop tersebut.

Permasalahan 5
Proses scan berjalan lancar, tetapi gambar hasil scan terlihat tidak jelas dan kabur seperti terkena efek blur.
Solusi :
Jika gambar hasil scan terlihat kabur, coba anda set resolusi displaynya ke height color (16 bit), dan biarkan scanner melakukan pemanasan (warming up) selama beberapa menit. Yang perlu anda perhatikan juga adalah kebersihan dari permukaan kacanya, karena jika kotor akan bisa berpengaruh juga terhadap bersih tidaknya hasil scan nantinya. Pastikan kaca tersebut selalu bersih. Bersihkan dengan kain yang lembut.

Permasalahan 6:
Kualitas foto hasil scan berbeda pada beberapa komputer
Solusi :
Perbedaan kualitas pada foto tersebut dapat muncul karena adanya perbedaan kualitas VGA pada masing-masing komputer. Foto tersebut akan tampak baik ketika anda menggunakan komputer dengan VGA tinggi (minimal 32 Mb). Namun sebaliknya, foto tersebut akan terlihat pecah ketika anda melihatnya menggunakan komputer dengan VGA pas-pasan (di bawah 32 Mb). Sebenarnya kualitas foto yang dihasilkan dari scanner adalah sama saja atau tidak berubah. Hanya tampilan pada monitor (komputer dengan VGA rendah) yang membuat foto tersebut seolah-olah mengalami kerusakan.

28 comments:

  1. saya menggunakan hp deskjet 1050 (print-scan-copy) untuk scan buku cerita (hampir satu kaca penuh), 300 dpi (supaya tidak pecah saat harus di-print), dan scanner berjalan tersendat-sendat (jalan-diam-jalan-diam, tidak mulus seperti scan 75 dpi)

    laptop dell inspiron 1440, windows 7 ultimate, core 2 duo T6500, memory 2GB, HD 500GB

    ReplyDelete
  2. tolong bantuannya, printer saya tidak bisa untuk scanning. saat saya tekan tombol scan malah muncul kotak dialog seperti bertuliskan ini ..
    "printer maintenance is in progress. scan after it complete. code 2,114,0."
    seperti itu, tolong bantuannya pecahkan masalah.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  3. tolong bantuannya printer epson saya TXIII lagi digunakan untuk scan ditengah jalan tiba-tiba mati lampu, dn ketika nyala gak bisa digunakan seperti tidak merespon...tolong bantuannya terima kasih

    ReplyDelete
  4. Please Help me,,??! mesin printer saya L220, saya punya masalah pada mesin scan-nya. pada saat q klik aplikasinya buat scan itu lama banget gak keluar2, dan sekalinya bisa itu ada peringatan bahwa sambungannya kabelnya belum terkoneksi/terputus. Padahal kalau buat nge-print dan meng-copy masih bisa loooh,, bantu solusinya ya gaes,,

    Arigatougozaimas,,

    ReplyDelete
  5. gan, saya menggunakan scanner epson gt-1500, saya bermasalah dengan scanner ini karena bunyi ny tidak normal saat proses scan dn kadang sendat saaat proses scan sehingga scan terhenti ditengah atau sat hmpir selesai proses

    ReplyDelete
  6. kalau muncul begini gimana gan solusinya?
    file:///D:/RISKA%20WIJAYA/eror.png

    ReplyDelete
  7. Hi there, awesome site. I thought the topics you posted on were very interesting. I tried to add your RSS to my feed reader and it a few. take a look at it, hopefully I can add you and follow.


    123 HP DJ 5810 Setup-123.hp.com/dj5810

    ReplyDelete
  8. Saya gunakan Scanner Canon 110, hasilnya terdapat garis hitam memanjang pada foto atau document

    ReplyDelete
  9. Saya gunakan Scanner Canon 110, hasilnya terdapat garis hitam memanjang pada foto atau document

    ReplyDelete
  10. saya menggunakan canon iR3035 scane bisa konek tapi hasilnya tidak masuk di folder scan dan di m.copynya ngeprint keterangan error,mohon pencerahanya terima kasih

    ReplyDelete
  11. info dong dmn jual scanner A3 bekas tpi msh bisa di pakek?? klo ada bsa hub:08185541135 makasi

    ReplyDelete
  12. sangat bermanfaat infonya : jika mau bangun rumah / renovasi rumah
    hubungi : 0812 8006 9642 / 0818 0989 6054
    whatsapp :0878 4745 8310

    ReplyDelete
  13. tukang batu alam
    hubungi : 0812 8006 9642 / 0818 0989 6054
    whatsapp : 0878 4745 8310

    ReplyDelete
  14. tukang bangunan
    hubungi : 0812 8006 9642 / 0818 0989 6054
    whatsapp : 0878 4745 8310

    ReplyDelete
  15. tukang mebel bandung
    hubungi : 0812 8006 9642 / 0818 0989 6054
    whatsapp : 0878 4745 8310

    ReplyDelete
  16. tukang keramik bandung
    hubungi : 0812 8006 9642 / 0818 0989 6054
    whatsapp : 0878 4745 8310

    ReplyDelete
  17. menerima borongan : pasangan keramik lantai dan dining berikut bahan , bongkar pasang keramik
    hubungi : 0812 8006 9642 / 0818 0989 6054
    whatsapp : 0878 4745 8310

    ReplyDelete
  18. tadinya waktu scan cuma 1 menitan, ini kenapa jadi 6 menitan,. mohon solusinya

    ReplyDelete
  19. saya menggunakan scan epson L350, kalau sxan selalu unwrite file..
    kenapa ya?
    mohon penjelasannya.
    terima kasih.
    salam.

    ReplyDelete
  20. Great thoughts you got there, believe I may possibly try just some of it throughout my daily life.
    123 HP Deskjet 2130

    ReplyDelete
  21. mohon bantuan, printer saya HP Deskjet F2276, proses scan jalan lancar tapi tidak ada kotak dialog untuk menyimpan hasil scan. bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete



  22. Thanks for sharing this valuable information to our vision. You have posted a trust worthy blog keep sharing.


    123 HP Deskjet 2130 Printer Setup & Install

    ReplyDelete
  23. Wonderful blog & good post.Its really helpful for me, awaiting for more new post. Keep Blogging!
    123 HP Deskjet 1117 Wireless Install Setup

    ReplyDelete
  24. Wonderful blog & good post.Its really helpful for me, awaiting for more new post. Keep Blogging!
    HP Deskjet 2545 Troubleshooting

    ReplyDelete
  25. Mau tanya dong. Saya pake hp 2130 proses scannya lama sekitar 2 menitan.terus pas mau print kenapa juga ikutan lama ya?? Mohonnn infonya

    ReplyDelete
  26. Mau tanya dong. Saya pake hp 2130 proses scannya lama sekitar 2 menitan.terus pas mau print kenapa juga ikutan lama ya?? Mohonnn infonya

    ReplyDelete
  27. Gan minta bantuan nya gan kan saya punya printer hp deskjet 2135 buat copy dan scan nya ada gambar garit-garit bagaimana yah memperbaiki nya ?

    Agan" tau gak tempat service printer di tangerang
    Terima kasih

    ReplyDelete