Social Icons

Wednesday 12 June 2013

cara memperbaiki printer dot matrix

Cara Memperbaiki Printer Dot Matrix

 Saya mau berbagi pengalaman nie seputar Tentang printer dot matrix ya khususnya untuk Epson Seri TM ada beberapa cara menganalisa kerusakan perangkat keras pada printer dot matrix, sedikit Tips dari saya: -Cetakan Print Tidak Bagus Kemungkinan head atau kabel head print yang rusak,coba cek fisik head apakah ada jarum yang patah atau tidak. Jika tidak ada coba cek kabelnya apakah kulit kabel head ada yang rusak/terkelupas atau tidak.untuk mengetahui lebih jelas coba anda cek menggunakan head atau kabel head yang bagus.
-Printer Tidak bisa mencetak sepenuhnya Kemungkinan Bisa terjadi di kabel headnya atau bisa juga di sensor gerak caridenya. coba anda cek apakah sensor gerak masih berfungsi dengan baik atau tidak dan lakukanlah pembersihan sensor dengan menggunakan cairan pembersih printer.
-printer hanya mencetak satu kali Bisa di pastikan Bahwa cutter print rusak. Coba anda lakukan pengecekan di kabel cutternya, apakah ada yang putus atau tidak, jika tidak bisa di pastikan cutter memang rusak. Akan Tetapi Bisa juga di Board print yang rusak,ada salah satu komponen yang rusak, coba anda cek Komponen F# yg berada di dekat slot cutter menggunakan Tester cek arusnya, apakah arusnya masih naik.
-Printer Dalam keadaan Normal Tetapi tidak Mau mencetak. Coba anda lakukan Tes print secara manual, bila tiak ada masalah bisa di pastikan bahwa interface print rusak.
-Lampu error kedap kedip. kemungkinan Board print mengalami konsleting. Apabila kedap2 di iringi dengan jarum head yang ikut bergerang bisa jadi head print pun ikut konslet. jangan gunakan head print yg konslet ke print ada yang lain karena bisa membuat rusak board print lho.
-Lampu feed dan eror masih mennyala tanpa berkedip Tetapi tidak bisa mencetak. pastikan posisi kertas terpasang dengan baik, abpabila sudah anda lakukan tetapi lampu masih menyala kemungkinan sensor kertar printer rusak.
-Lampu Printer Tidak menyala sama sekali Coba anda cek terlebih dahulu conector powernya apakah ada pin yang patah atau tidah, apabila tidak bisa di pastikan board printer anda rusak.
-Kertas print tidak dapat Bergerak biasanya kerukan terjadi di Ger Kertas.

No comments:

Post a Comment