Social Icons

Saturday, 22 June 2013

teknik komputer dan jaringan

.com/
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN  - Apa kabar sobat TKJ, Tentu tidak asing lagi di telinga sobat. windows 8 adalah keluar terbaru microsoft, walaupun OS (Operating System) belum terlalu sempurna, tapi tampilannya sudah WOW...!. tetapi ada 1 masalah yang sering di jumpai khususnya pengguna laptop berukuran kecil (NetBook) yang mempunyai resolusi rendah, dan beberapa fitur WINDOWS 8 tidak dapat bekerja. Bagi anda yang sangat membutuhkan fitur-fitur itu tanpa mengganti NB anda dengan LAPTOP, ada cara mudah yaitu mengacak-acak REGEDIT windows.

Berikut tutorialnya:

buka registry editor (regedit.exe) via run
HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0000
buka DWORD : Display1_DownScalingSupported ganti value jadi 1
HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0001
buka DWORD : Display1_DownScalingSupported ganti value jadi 1
Nb: kalau DWORD nya gak ada bikin ada DWORD sendiri dengan nama itu dan value datanya diganti jadi 1

(KALAU ADA, KALAU TIDAK ADA TIDAK USAH AJA) HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0002
buka DWORD : Display1_DownScalingSupported ganti value jadi 1
sekali lagi kalau ada, soalnya saya mencoba di beberapa netbook ada yang ada ada yang tidak ada. di netbook saya hanya sampai 0001 saja.
close dan restart netbook anda maka di screen resolution akan keluar

Demikian tutorial singkat yang bisa sobatpc.com sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua. Terima kasih.




Netbook kadang memiliki resolusi layar yang terbatas biasanya hanya memiliki resolusi (lebar layar) 1024 x 600, namun ada juga sebagian memiliki resolusi lebih. Dengan layar monitor yang memiliki ukuran kecil, hal ini membuat beberapa program atau aplikasi hanya menampilkan jendela yang tidak tampil seluruhnya (full) namun ada sebagian yang tidak terlihat di layar. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu kita ganti pengaturan default dari Windows 8 yaitu melalui Registry Editornya agar bisa meningkatkan resolusi layar netbook atau menambah resolusi.

Cara meningkatkan resolusi atau melebarkan layar netbook (tampilan) melalui Regedit (Registry Editor) adalah dengan mengganti parameter yang telah tersedia di Windows 8 yang terpasang di Netbook Anda. Caranya adalah :

Buka Regedit (Registry Editor) dengan cara menekan tombol Windows pada keyboard (ada gambar bendera Windows) dengan menekan tombol R keyboard. Selanjutnya akan muncul kolom pencarian, silakan ketik regedit pada kolom tersebut, berikutnya tekan tombol “OK”.

Jendela Registry Editor akan tampil, selanjutnya silakan cari Display1_DownScalingSupported dengan cara menekan tombol Ctrl + F pada jendela Regedit tadi, selanjutnya ketik Display1_DownScalingSupported, nanti proses pencarian akan berjalan secara otomatis. Jika tidak ditemukan, ulangi pencarian ke arah atas dan ke bawah kembali. Lokasi DWORD tersebut biasanya terletak di path:

HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMControlSet001ControlClass{4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}000.

Setelah ditemukan, silakan modifikasi value datanya menjadi 1 yang sebelumnya 0.

Jika telah selesai, silakan restart Netbook Anda, dan lakukan penggantian resolusi layar melalui menu Resolusi Layar yang ada di menu klik kanan pada Desktop Anda. Sekarang kita dapat mengganti resolusi ke angka yang lebih tinggi, sehingga semua jendela program atau aplikasi yang kita jalankan dapat terbuka/tampil semuanya di layar monitor netbook anda.

Demikian cara meningkatkan resolusi netbook di Windows 8 atau melebarkan layar netbook atau menambah ukuran resolusi dengan mudah tanpa perlu instalasi berbagai driver kartu grafis dan berbagai aplikasi lainnya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment