Social Icons

Tuesday 11 June 2013

5 penyebab laptop tidak mau booting dan cara mengatasinya

5 penyebab laptop tidak mau booting dan cara mengatasinya 

booting adalah proses menghidupkan komputer, laptop, atau nebook. dalam proses booting biasanya akan tampil logo dari operating system yang dipakai. namun urutan dari booting biasanya adalah logo dari bios, disusul dengan diagnosa hardware oleh system komputer kemudian baru masuk pada systemnya.

system pun ada bermacam macam misal windows dan linux. di windows terdapat pilihan windows xp windows 7 atau yang terbaru yaitu windows 8. namun untuk pemasangan dalam komputer harus di sesuaikan dengan hardware yang ada. karena kalau tidak maka hanya kan menambah lemot komputer. hang, atau tidak mau booting. untuk os free linux ada banyak sekali variannya. untuk melihatnya bisa langsung ke distrowatch.com kalau sebelumnya saya sudah share tentang peneyebab dari booting yang bunyi beep, sekarang mari kita perdalam lagi penyebab booting yang lama atau biasa di kenal dengan istilah lola ( loading lama ).

1. banyak service yang berjalan pada saat booting service disini adalah layanan yang akan di gunakan ketika sudah masuk pada windows. nah kalau terlalau banyak service yang aktif akan membuat proses dari nyala komputer akan lambat juga. sebaiknya harus menonaktifkan service yang tidak perlu. namun juga harus berhati hati ketika menonaktifkannya, karena jika salah menghilangkan check list akan berakibat fatal. kefatalan itu bisa berupa fiiitur yang tidak berfungsi, atau bahkan ada notifikasi kalau windows mengalami error. tentu saja harus minta pendapat dan saran dari para master untuk memilih mana service yang utama dan mana yang tidak terlalu penting.

2. banyak aplikasi yang berjalan di start up selain nomor satu ada juga penyebab lambatnya kinerja dari sebuah system. yait banyaknya software yang langsung jalan pada saat komputer atau laptop di nyalakan. namun jangan kuatir ada cara untuk mengatasinya.
• tekan win logo+R ketikkan regedit kemudian enter
• masuk di HKLU>>microsoft>>windows>current version>>run
• setelah itu hapus start up yang memang diaras tidak perlu, misal saja adobe update, winamp agent, dll
• jangan di close terlebih dahulu. masuk di HKLM>>microsoft>>windows>current version>>run
• ikuti langkah nomor 3 itu adalah cara ermanent untuk menghapus entry yang ada di menu start up di msconfig. jika memang suatu waktu ingin mengaktifkan kembali sebaiknya back up terlebih dahulu registry nya. agar tidak menyesal di kemudian hari.

3. virus berbahaya ini adalah biang kerok yang bandel dan masih jarang obatnya selain dengan linux. mereka akan alan otomatis saat system meyala dan tentu saja segala removable disk yang masuk akan terinfeksi. maka hati hati dengan virus ini. pastikan selalu update antivirus dan scan system secara berkala.

4. hardware ada yang bermasalah ini juga merupakan faktor yang menyebabkan komputer jadi lama untuk loading karena pada saat pertama komputer dinyalakan maka bis akan mendeteksi dan membaca hardware terlebih dahulu. seperti hdd, cd room, wifi, audio, dan keyboard. jika ada masalah misal pada hdd, kalau sudah bad sector atau mati maka akan sangat lama sekali proses bootingnya. baik itu warm boot atau cool boot.

5. system rusak atau corrupt masih mending system yang rusak daripada hdd yang harus menajdi korban. jika system yang rusak haya perlu di repair atau di install ualgn saja maka sproblem akan terpecahkan. namun tentu saja harus di lakukan pembersihan virus. jika ada kenadala dalam instalasi sobat bisa baca cara mengatasi laptop yang tidak bisa di install .

1 comment: