Social Icons

Friday 14 June 2013

CPU jalan tapi monitor tidak menampilkan gambar

CPU Jalan Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar 

Salam, Akhirnya saya bisa menyapa teman-teman lagi. Sudah sekitar dua minggu saya tidak bisa menggunakan komputer saya karena komputer saya mengalami trouble yang cukup membingungkan bagi saya, hehehe maklum masih amatiran.
Ceritanya begini, suatu pagi saya bersemangat sekali untuk menyalakan komputer saya karena banyak kerjaan yang harus saya lakukan. Begitu saya menekan tombol power on di stabilizer saya, tiba-tiba langsung terdengar bunyi nyaring dari cpu saya, bunyinya seperti bunyi piring pecah.Walhasil cpu tetap bekerja seperrti biasa, tapi gambar di monitor hilang sama sekali (black out) dan keyboard saya tidak berfungsi (hal ini diketahui dengan cara menekan tombol Num Lock di keyboard). Alhamdulillah setelah memikirkannya selama 2 miggu akhirnya masalah tersebut dapat teratasi. Terima kasih banyak kepada Allah Azza wa Jalla yang telah mengirimkan teman terbaik saya yaitu Mas Deli dan Om Giok. Mas Deli dengan otak jeniusnya yang ahli dalam segala hal terutama segala sesuatu yang berhubungan dengan elektronik, dan Om Giok yang serba bisa, yang telah kenyang dengan berbagai macam pengalaman yang beraneka ragam jenisnya yang pernah ada di dunia ini. Tanpa mereka berdua komputer saya hanya akan berakhir di tempat yang tidak semestinya.
Jadi kalau teman-teman menemukan masalah seperti saya tadi maka langkah-langkah yang dapat teman-teman lakukan adalah :

1. Coba ganti monitor dengan monitor yang lain, bisa pinjam punya teman dan pastikan monitor tersebut dalam kondisi baik. Jika pada monitor yang baru ini gambar terasebut muncul, maka letak kerusakan pada monitor dan teman-teman harus mengganti monitor tersebut dengan yang baru. Kalau monitor yang baru ternyata tidak juga menampilkan gambar, berarti kerusakan bukan terletak pada monitor anda, maka lanjut ke langkah berikutnya.

2. Nyalakan komputer dalam keadaan casing cpunya terbuka, dan perhatikan kipas VGA Cardnya, bila kipas tersebut tidak berputar, maka kerusakan terletak pada VGA Cardnya. Hal ini wajar karena VGA Card bertugas untuk menampilkan gambar ke monitor. Kalau kipas VGA Cardnya berputar berarti kerusakan bukan terletak disitu melainkan di tempat lain.

3. Perhatikan dengan seksama papan motherboardnya, cari tanda-tanda bekas terbakar, hangus, dan bau gosong. Biasanya kerusakan terletak tidak jauh dari tanda-tanda tersebut.

4. Kalau poin 1 sampai 3 sudah dilakukan dan hasilnya baik-baik saja, maka kemungkinan terbesar kerusakannya terletak pada Power Suply…Yup memang segala gangguan pada CPU ada kemungkinan terletak di Power Suply. Hal ini dikarenakan peran Power Suply yang sangat vital dalam kelangsungan hidup CPU tersebut. Solusinya ganti saja Power Suplynya dengan yamg baru.

5. Bila masih mentok, hubungi teknisi yang ahli dan terpercaya

1 comment: