Social Icons

Friday 14 June 2013

Cara Mengatasi Epson T11 dan T20 Bunyi Keras

                    Cara Mengatasi Epson T11 dan T20 Bunyi Keras

Printer Epson T11 dan T20 adalah varian Epson yang ekonomis dan laris di pasaran. Salah satu kerusakan yang sering dialami oleh printer epson T11 dan T20 ini adalah bunyi keras waktu proses print. Dan kalau sudah seperti ini maka printer akan tidak bisa digunakan dengan baik alias ngadat. Tidak perlu khawatir, karena dengan sedikit usaha dan kesabaran serta ketekunan, anda pun bisa mengatasi masalah epson T11 dan T20 yang bunyi keras saat di perintah print dari komputer.

Sebelum menuju ke pembahasan cara mengatasi epson T11 dan t20 bunyi keras saat print, berikut ini adalah indikasi kerusakan awalnya :

Saat printer epson T11 dan T20 dihidupkan, printer akan melakukan kalibrasi awal dan kemudian lampu power akan stanby hijau yang menunjukkan printer T11 dan T20 dalam kondisi normal. Akan tetapi ketika mendapat perintah print dari komputer, akan ketahuan kalau printer mengalami kerusakan dengan adanya bunyi keras seperti gear yang selip atau tertahan sesuatu dan printer epson T11 dan T20 ini tidak bisa menarik kertas yang ada di paper tray.  Kalaupun kertas bisa masuk, pasti kertasnya akan tertarik dalam posisi miring. Kalau kerusakan lebih parah lagi, ketika printer epson dihidupkan printer epson T11 dan T20 akan langsung mengalami blink disertai bunyi keras dan printer tidak bisa mencetak.
Berikut ini Cara Mengatasi Epson T11 dan T20 Bunyi Keras :
  • Bongkar printer Epson T11 dan T20 dengan membuka dua sekrup di belakang printer,  kait di kanan kiri printer dan 3 kait di bagian depan printer. Lakukan dengan hati-hati agar casing printer tidak rusak.
  • Ketika tutup casing sudah bisa diambil, maka akan langsung terlihat bagian penarik kertas yang berwarna putih dan dilengkapi dengan roll karet penarik kertas dari epson T11 dan T20 Ini
  • Penyebab bunyi keras pada epson T11 dan T20 adalah di bagian penarik kertas ini. Penarik kertas ini sebutannya adalah ASF ( Automatic Sheet Feeder ). ASF printer epson T11 dan T20 ini jika diamati akan terlihat patah di bagian AS salah satu gear tumpunya.
  • Anda bisa mengganti ASF ini dengan ASF yang baru dengan harga spare partnya sekitar 70 ribuan. Atau anda bisa memperbaiki bagian yang patah ini dengan cara membuatkan AS baru dengan menggunakan sekrup kecil ataupun yang lainnya tergantung kreatifitas anda masing-masing. Yang penting AS gear yang dihasilkan kuat digunakan sebagai tumpuan.
  • Setelah diganti atau diperbaiki ASF nya, saat mencoba epson T11 dan T20 yang bunyi keras saat print tadi.
  • Setelah OK, tutup kembali printer epson T11 dan T20 anda.
Sering patahnya bagian AS ASF printer epson T11 dan T20 ini adalah wajar karena bahan pembuat yang digunakan adalah dari plastik dan ukuran AS ini sangat kecil sehingga mudah sekali untuk patah

No comments:

Post a Comment