Social Icons

Friday 14 June 2013

Mengatasi Kerusakan Sound Card Pada Komputer

                  Mengatasi Kerusakan Sound Card Pada Komputer


Mengatasi Kerusakan Sound Card Pada Komputer - Salah satu komponen komputer yang sering mengalami masalah adalah sound card. Apa itu sound card? Sound Card atau Kartu Suara adalah device atau hardware pada komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Nah, apabila komputer atau laptop tidak ada suaranya, maka indikasi terjadi kerusakan pada sound card.
Ada dua macam kerusakan pada soundcard. Yaitu kerusakan pada hardaware dan software. Kalau kerusakan software pada artikel sebelumnya saya pernah membahas. Yaitu pada artikel yang berjudul Mengatasi Masalah Komputer Tidak Ada Suara. Pada pembahasan tersebut mungkin dirasa kurang lengkap, makanya dalam artikel kali ini akan saya ulas kembali sedikit tentang kerusakan sound card pada software.

Sebelum kita mebahas tentang mengatasi kerusakan sound card, ada baiknya kita analisa terlebih dahulu indikasi yang disebabkan keruakan pada sound card. Secara umum komputer atau laptop yang mengalami kerusakan pada sound cardnya maka tidak memiliki suara. Selain tanda-tanda di atas kita juga menganalisa pada beberapa tempat. 

Pertama kita lihat pada systray yang ada pada taskbar bagian kanan. Biasanya disitu akan ada icon speaker. Nah kalau tidak ada maka dapat diindikasikan bahwa ada masalah pada sound card. Selain itu kita juga bisa melihat pada device manager. Untuk melihatnya silakan klik kanan pada My Computer (Computer), Klik Properties, Klik Device Manager.
souncard
Kalau tidak ada tanda silang, tanda seru, tanda tanya maka tidak masalah. Tapi sebaliknya berarti ada masalah pada salah satu device. Pastikan pada Sound Audio adan Game Controler tidak ada masalah.

Cara Memperbaiki Driver Sound Card
Oke, langkah pertama yang akan kita lakukan adalah memperbaiki driver secara software atau memperbaiki drivernya. Untuk memperbaiki driver sound card sangat mudah. Langkah pertama adalah anda identifikasi merk, type atau jenis sound card yang anda gunakan. Misal Via AC 97, Realtek AC 97 dan lain sebagainya. Setelah anda yakin dengan jenis hardware sound card yang anda gunakan silakan anda instal drivernya.

Cara yang paling mudah untuk mengindentifikasi sekaligus menginstal driver hardaware termasuk sound card adalah menggunakan 3DP CHP. Dengan 3DP CHIP maka kita tidak perlu lagi membongkar-bongkar komputer untuk bisa mengidentifikasi hardware satu persatu. Cukup anda instal 3DP CHIP dan jalankan, maka aplikasi ini akan mengidentifikasi semua hardware yang tertanam pada komputer anda. Untuk memiliki dan menggunakan 3DP CHIP silakan anda buka artikel saya yang berjudul Cara Mudah Deteksi Jenis Hardware Komputer.

Cara Memperbaiki Hardware Sound Card
Kalau driver sudah terinstal secara benar tapi tetap saja tidak ada suara yang dihasilkan maka ada kemungkinan kerusakan terjadi pada sound card. Ada dua jenis soun card, yaitu yang on board dan add on. Kalau komputer anda menggunakan sound card on board maka yang harus anda perbaiki adalah motherboarnya. Kalau anda ingin mencoba memperbaiki sendiri motherboard anda maka silakan anda dapatkan panduan servis motherboard lengkap di sini.

Lain halnya kalau sound card anda jenis add on. Untuk memperbaikinya silakan anda copot suond card dari slotnya. Bersihkan dari debu-debu yang menempel. Kemudian bersihkan juga kaki-kaki sound card. Caranya silakan anda bersihkan dengan menggunakan penghapus sebagaiman ulasan saya tentang memperbaiki memory menggunakan penghapus. Silakan bukaServis Memori Komputer Menggunakan Penghapus Pensil.

6 comments:

  1. om numpang tanya kalau soundcard di motherboard rusak , apakah bisa saya pakai pci audio ? atau harus service motherboard , thanks

    ReplyDelete
  2. nanya juga, kalo audio board nya rusak bisa pake speaker bluetooth gak? makasih ^^

    ReplyDelete
  3. Sya pake soundcard xonar Phoebus disettng Suara 48khz ko music melambat aturan 3 mnt jadi 3 mnit 10 detik apakah itu ciri2 mau rusak atau kurang daya

    ReplyDelete
  4. tanya gan..kl sofware soundcard aplikasi corupt cara nya gmn gan..saya instal ulang,tetap tidak ada perubahan

    ReplyDelete