Social Icons

Friday 14 June 2013

Cara merawat mainboard/motherboard Laptop/Notebook/PC

                          Cara merawat mainboard/motherboard Laptop/Notebook/PC

Santai dihari minggu sambil bagi-bagi tips merawat motherboard buat sobat yang kurang perhatian sama komputernya. Mungkintips merawat motherboard ini bisa bermanfaat karena cara ini juga yang masih saya lakukan untuk komputer saya. Komputer saya usianya bisa dibilang tua karena masih Pentium 4 (dari jaman SMA)motherboard dan isi-isinya pun masih jadul tapi sebaik mungkin saya rawat walau ada laptop tapi komputer ini masih menjadi andalan saya untuk mengerjakan berbagai macam tugas dan juga jalan-jalan di dunia maya. Sebagus-bagusnya motherboard sobat tapi bila tidak dirawat dengan baik bukan tidak mungkin usianya tidak bertahan lama dan cepat rusak yang bisa disebabkan berbagai macam hal. Berikut tips merawat motherboard yang biasanya saya lakukan ini mudah-mudahan bisa berguna untuk sobat.

- Jaga kebersihan motherboard dan slot-slotnya

Perhatikan kebersihan motherboard sobat, walaupun diletakan ditempat yang jauh dari debu dan kotoran tapi tetap cek kebersihan motherboard apabila kotor maka bersihkan dengan menggunakan kuas. Kotoran pada motherboard bisa juga menyebabkan korslet jadi bersihkan juga slot-slotnya karena bukan tidak mungkin slotnya terhindar dari kotor. Usahakan total dalam membersihakannya.

- Gunakan stabilizer dan UPS (Uninterruptible Power Supply)

Arus tegangan listrik sering tidak stabil dan berubah-ubah bisa menyebabkan kerusakan pada komponen motherboard, maka diperlukan stabilizer untuk membuat arus tegangan stabil. Dan UPS beguna apabila terjadi mati mendadak pada arus listrik maka cpu tidak langsung mati karena masih menyimpan arus listrik yang dapat bertahan beberapa menit sehingga motherboard lebih awet.

- Perhatikan pemasangan komponen
Komputer rusak bisa jadi karena kesalahan dalam pemasangan komponen atau bisa jadi karena pemasangan yang kurang baik jadi periksalah setiap komponen yang terpasang apakah sudah benar atau belum.

- Sering hidupkan computer
Jangan biarkan komputer tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama paling tidah seminggu 2 atau 3 kali digunakan. Sebelumnya saya pernah tidak menghidupkan komputer selama sebulan dan ketika dihidupkan terlihat lebih lambat dari biasanya entah pengaruh darimana yang jelas itu bisa mempengaruhi komputer.

- Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperature dalam ruang CPU

-Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard. Apabila ada segera diangkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (konslet).

-Hindari mainboard dari cairan (air/cairan yang lain

No comments:

Post a Comment